Kode : MPIMKK-04
Komponen : Mata Kuliah Keahlian
Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Program : S2
Bobot SKS : 3 SKS
Deskripsi :
Mata kuliah ini membahas tentang
hakekat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan,
fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan
evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil
evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan
kualitas butir soal (tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distracter
(pengecoh), pemanfaatn hasil kegiatan
Topik Inti :
1. Hakikat
evaluasi pembelajaran
2. Taksonomi
kemampuan hasil belajar
3. Perumusan tujuan
evaluasi hasil belajar
4. Penyusunan rencana
evaluasi hasil belajar (cetak biru dan kisi-kisi)
5. Karakteristik
alat evaluasi
6. Teknik penulisan
butir-butir soal tes
7. Langkah-langkah
pengembangan alat evaluasi aspek kemampuan
8. Langkah-langkah
pengembangan alat evaluasi aspek sikap
9. Pengolahan hasil
evaluasi pembelajaran:
a) Skoring
b) Kecenderungan
pusat
c) Menentukan batas
lulus
d) Transfer nilai
10. Penggunaan hasil
evaluasi pembelajaran
a) Penafsiran
b) Feed back
c) Tindak Lanjut
11. Teknik analisis
tes
12. Teknik analisis
butir soal
Referensi :
- Prof. Dr. Ismet Basuki dan Drs. Hariyanto, M.S. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung : PT. Rosyda Karya Offset.
- Asep Jihad dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo. Yogyakarta.
- Dr. Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
- Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrument Tes dan Non Tes. Yogyakarta : Mitra Cendekia.
- Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA. (2001). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Prof. H. M. Sukardi, MS., Ph.D. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara.
- Prof. Dr. S Eko Putro Widyoko, M.Pd. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Bambang Sumintono dan Wahyu Widhiarso (2013). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Trim Komunikata Publishing House.
- Dr. H. Masrukhin, M.Pd. (2010). Buku Latihan SPSS : Aplikasi Statistik Deskriptif dan Inferensial. Kudus : Media Ilmu Press.
- Dr. H. Masrukhin, M.Pd. (2008). Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam : Aplikasi Program SPSS dan Excel. Kudus : Media Ilmu Press.
- Dr. H. Masrukhin, M.Pd. Statistik Deskriptif Berbasis Komputer. Kudus : Media Ilmu Press.
- Dr. H. Masrukhin, M.Pd. Statistik Inferensial: Aplikasi Program SPSS dan Excel. Kudus : Media Ilmu Press.
- Dr. H. Masrukhin, M.Pd. Pengembangan dan Pengujian Instrumen untuk Penelitian Pendidikan. Kudus : Media Ilmu Press.
- Zaenal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Dirjen Pendis Depag RI.
- Subino (1987). Konstruksi dan Analisis Tes. Jakarta : Ditjen Dikti.
- Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
- Winkel, WS (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT. Grasindo.
- Gronlund, Norman E dan Linn, Robert L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. 6th Edition. New York: MacMillan Publishing Company.
- Jason S. Wrench Virginia Peck Richmond, dan Joab Gorham. (2009). Communication Affect, and Learning in The Classroom. California. USA. : Creaivecommon.
- Urbina, Susana. 2004. Essentials of Psychological Testing. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.
- Gilbert Sax. (1980). Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation. Belmont California : Wads Worth Pub.Co.
- Griffin, P. & Nix P. (1991). Educational Assessment and Reporting. Sydney: Harcout Brace Javanovich, Publisher.
- Oriondo, L.L. & Antonio, E.M.D. (1998). Evaluating Educational Outcomes (Test, Measurement and Evaluation). Florentino St: Rex Printing Company, Inc.
- Popham, W.J. (1995). Classroom Assessment. Boston : Allyn and Bacon.
- Stark & Thomas. (1994). Assessment and Program Evaluation. Needham Heights : Simon & Schuster Custom Publishing.
- Stufflebeam & Shinkfied. (1985). Systematic Evaluation. Boston : Kluwer Nijhof Publishing.
- Wandt, Edwin and Gerald W. Brown. (1957). Essentials of Educational Evaluation. Holt Rinehart and Winston, New York.
- Anita J. Harrow. (1972). A Taxonomy of The Psychomotor Domain : A guide for Developing Behavioral Objective. New York : Longman Inc.
- dll.
No comments:
Post a Comment